DAMPAK GAME ONLINE BAGI GENERASI MUDA DALAM 10 Tahun Terakhir
DAMPAK GAME ONLINE BAGI GENERASI MUDA
Dalam 10 tahun terakhir, permainan elektronik atau yang kita sering sebut dengan game online telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Ini bisa kita lihat di kota-kota besar, tidak terkecuali juga kota-kota kecil, banyak sekali game center yang muncul. Game center itu sendiri tidak seperti halnya warnet, mereka memiliki pelanggan tetap yang lebih banyak daripada warnet. Inilah yang membuat game center hampir selalu ramai dikunjungi. Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
Game online dapat memberikan suatu kepuasan dan penghormatan dari orang lain yang mungkin tidak didapatkan oleh para gamer di dunia nyata. Dan dari sinilah, interaksi pada para gamer tumbuh, dimana muncul suatu ikatan emosional maya yang cukup kuat. Entah itu terwujud dalam bentuk yang dapat bernilai positif atau negatif. Manusia sebagai mahluk sosial di zaman modern.Dengan seiring berjalannya jaman yang semakin maju dimana teknologi dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia secara fisik ataupun psikis (mental). Teknologi yang digunakan untuk menanggulangi kontradiksi dalam tatanan sosial justru akan menimbulkan kontradiksi baru di belakangnya. Manusia modern adalah orang yang gemar mencari sesuatu sendiri, mempunyai kebutuhan untuk berprestasi dan gemar mencari sesuatu yang berbeda dari oranglain.Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game. Maraknya beredar game online di Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya kacau hingga anak sekolah atau kuliah yang tidak lulus. Bermain game memang mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Dari segi positif bisa melatih pola berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di game.Memang terbukti dari sebuah penelitian bahwa bermain game bisa membuat anak-anak menjadi lebih cerdas bila dibandingkan yang tidak, walau penelitian ini masih berbau kontrovesi dan belum bisa dipertanggung-jawabkan. Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan.
Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar di seluruh dunia. Oleh sebab itulah internet sangat mempengaruhi di dalam kehidupan masyarakat khusunya untuk para pelajar. Karena internet mempunyai dampak positif dan dampak negatif yang nantinya dapat mempengaruhi generasi muda.
Game online dapat memberikan suatu kepuasan dan penghormatan dari orang lain yang mungkin tidak didapatkan oleh para gamer di dunia nyata. Dan dari sinilah, interaksi pada para gamer tumbuh, dimana muncul suatu ikatan emosional maya yang cukup kuat. Entah itu terwujud dalam bentuk yang dapat bernilai positif atau negatif. Manusia sebagai mahluk sosial di zaman modern.Dengan seiring berjalannya jaman yang semakin maju dimana teknologi dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia secara fisik ataupun psikis (mental). Teknologi yang digunakan untuk menanggulangi kontradiksi dalam tatanan sosial justru akan menimbulkan kontradiksi baru di belakangnya. Manusia modern adalah orang yang gemar mencari sesuatu sendiri, mempunyai kebutuhan untuk berprestasi dan gemar mencari sesuatu yang berbeda dari oranglain.Walaupun game ditujukan untuk anak-anak, tidak sedikit pula orang dewasa kerap memainkannya bahkan tidak sedikit yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game. Maraknya beredar game online di Indonesia membuat fenomena baru di kalangan penggemar game. Dari yang hidupnya kacau hingga anak sekolah atau kuliah yang tidak lulus. Bermain game memang mempunyai dua sisi, negatif dan positif. Dari segi positif bisa melatih pola berpikir, reflek, dan mungkin juga dijadikan ajang untuk mendapatkan uang dengan mengikuti pertandingan atau menjual item dan karakter di game.Memang terbukti dari sebuah penelitian bahwa bermain game bisa membuat anak-anak menjadi lebih cerdas bila dibandingkan yang tidak, walau penelitian ini masih berbau kontrovesi dan belum bisa dipertanggung-jawabkan. Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan.
Internet (Inter-Network) adalah sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses untuk layanan telekomunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakai yang tersebar di seluruh dunia. Oleh sebab itulah internet sangat mempengaruhi di dalam kehidupan masyarakat khusunya untuk para pelajar. Karena internet mempunyai dampak positif dan dampak negatif yang nantinya dapat mempengaruhi generasi muda.
Berikut dampak positif dan dampak negetif dari game online :
- Dampak positif dalam bermain game online ini yaitu dampak yang dapat memberi manfaat / pengaruh baik bagi penggunanya. Dampak positif Game Online bisa seperti berikut:
1. Hiburan. Dengan memanfaatkan sebuah permainan bisa untuk mencoba mengurangi stress akibat aktivitas yang telah kita lalui / untuk menghilangkan kebosanan mengenai kegiatan yang ‘itu itu’ saja (bosan).
2.Sebagai ajang untuk melatih konsentrasi (misalnya dalam game – game action, dibutuhkan konsentrasi saat menembak, sembunyi ataupun lari). Tentunya game yang baik.
3. Ajang menambah kawan. Dengan bermain game online (game online yang berhubungan dengan user lainnya) bisa menambah teman di dunia maya. Saling tegur sapa dan bisa untuk menjalin tali silaturahmi (misal tukeran link facebook,twitter dll ), walaupun itu lawan di game online, namun nantinya bisa jadi kawan di dunia internet lainnya (misal facebook / jejaring sosial lainnya).
- Selain dampak positif game online ada juga dampak negatif dari game online, yaitu dampak yang kurang baik bagi para pengguna game online tersebut. Seperti:
- Mereka banyak menghabiskan waktu hanya untuk bermain games dan sering kali mengabaikan kewajiban mereka untuk belajar, saya pernah membaca sebuah artikel di salah satu website , disana menyebutkan bahwa games online yang disediakan di warnet banyak dimainkan oleh pelajar SD , SMP hingga SMA pada saat jam 07.00-12.00 (jam sekolah).
- Banyak menghamburkan uang. Untuk maniak games, meronggoh kantong lebih dalam bukan sebuah perkara yang harus disesali, karena ketagihan untuk bermain dan kecintaan mereka yang begitu besar. Ada sebuah kisah (yang ini saya jug baca di sebuah website) “ seorang anak berumur kurang lebih 12 tahun dipergoki sedang membeli vocer PB sebesar Rp. 500,000 disebuah warnet. timbulah pertayaan baru, Dari mana anak sekecil ini mendapatkan uang sebanyak itu?? apakah orang tua mereka tau? Lalu apa mereka mengizinkan?
- Membuat bodoh. kembali ke dampak negative poin pertama games online secara perlahan mengendurkan minat siswa untuk belajar. Mereka cenderung memilih sesuatu yang menyenangkan di banding mereka harus duduk lama didalam kelas hanya untuk mendengarkan guru mengajar. Lalu akan jadi apa bangsa kita jika banyak generasi muda berjiwa seperti itu?
- Membohongi orang tua dengan ‘kedok’ berangkat sekolah. sebelum sampai disekolah mereka sudah berbelok ke sebuah warung internet yang menyediakan jasa game online. Dan baru pulang saat sekolah telah berakhir, sehingga dengan begitu orang tua mereka mengetahui bahwa anaknya telah belajar dengan benar hari ini.
- Lupa segalanya. Seperti lupa makan, lupa beribadah, lupa mandi bahkan lupa pulang kerumah. Hal itu dapat menggangguk kesehatan jiwa dan raga mereka. Jika mereka lupa makan, maka berarti secara tidak langsung telah mengudang penyakit untuk datang.
- Menjadi peribadi yang penutup, acuh terhadap lingkungan karena mereka merasa mempunyai dunia sendiri disini (dunia games).
“Kita sebagai pelajar, harus bisa membagi waktu dengan baik. Antara sekolah dan bermain. Bermain memang tidak dilarangan, namun ingat jangan sampai berlebihan dan mengganggu aktifitas kita lainya, terutama belajar”.
Demikian penjelasan untuk artikel, semoga bermanfaat untuk semua orang yang sudah membacanya.
Sumber:
https://agungalhamdy.wordpress.com/2013/06/14/dampak-game-online-bagi-generasi-muda-dalam-10/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar